| Banggar DPRD Riau dan TAPD Riau Bahas Anggaran 2021 | | Yulisman Resmi Diusulkan Jadi Ketua DPRD Riau | | Masyarakat Tiga Kecamatan Deklarasi Peduli Pilkada Anti Money Politik | | Di Acara Wisuda ke III, STKIP Rokania Akan Berikan Anugerah ke Beberapa Tokoh | | Gubernur Riau Pemerintah Kembali Angkat Guru Honorer Jadi PPPK | | Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Muhammad Rudi Terancam Pidana
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Ny Maya Zahir : Batik Merupakan Hasil Cipta dan Karya Seni
Selasa, 20-10-2020 - 17:45:19 WIB

TERKAIT:
 
  • Ny Maya Zahir : Batik Merupakan Hasil Cipta dan Karya Seni
  •  

    GardaMETRO.com, Batu Bara - Ketua Dekranasda Kabupaten Batu Bara Buka Pelatihan Batik Tulis Dan Batik Cap Bagi pelaku Industry Kecil Menengah(IKM) Yang terdampak Covid - 19 sekaligus serah terima bantuan Peralatan serta Bahan Baku Batik, Selasa (20/10/2020) di aula RM Barokah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.

    Hadir, Kadis Koperindag Achmadan Chair S.Sos, M.Ap, Ketua dekranasda kab. Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, SE, Camat Air Putih, Camat Laut Tador, Kades Pasar Lapan, Kades Tanjung Kasau dan peserta pelatihan membatik.

    Ketua Dekranasda Ny. Maya Indriasari Zahir, SE dalam sambutannya bahwa  Batik merupakan wujud dari hasil cipta dan karya seni yang diekspresikan pada motif kain yang telah terkenal sampai mancanegara.

    Sehingga dunia melalui UNESCO/PBB telah mengukuhkan batik sebagai Intangible Cultural Heritage Of Humanity sebagai Peninggalan Budaya dunia dari Indonesia.

    Oleh karenanya, Dekranasda bersama Dinas Koperindag Kabupaten Batu Bara membuat pelatihan dan pemberian bantuan peralatan serta bahan baku pembuatan batik tulis dan batik cap.

    Dengan tujuan peningkatan produksi serta pemulihan sektor ekonomi kreatif ditengah merebaknya wabah pandemik covid-19.

    Ketua Dekranasda Ny Maya Indriasari Zahir SE berharap dengan di adakannya pelatihan ini akan tumbuh wirausaha baru yang menghasilkan produk desain yang inovatif dan kreatif, sehingga dapat bersaing serta memenuhi permintaan pasar fashion yang terus berkembang.

    Menurut Maya, untuk pemasaran dan promosi akan memfasilitasi dengan mengikut sertakan Batik ini ke pameran local hingga Nasional.

    Sementara itu, Kepala Dinas(Kadis) Koperindag Kabupaten Batu Bara Achmadan Chair S.Sos M.Ap mengatakan diadakannya pelatihan dan pemberian bantuan alat batik tulis dan batik cap untuk pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Batu Bara untuk menunjang perekonomian dibidang Industri dimasa Pandemi Covid-19.

    Dikatakan Achmadan, untuk pemasaran penjualan batik, IKM yang berada di Kabupaten Batu Bara akan bekerja sama dengan Koperasi Dan Batu Bara Mart TP - PKK Batu Bara.

    Diuraikan Achmadan, Nantinya juga Bupati Batu Bara Ir. H Zahir MAP akan mengeluarkan peraturan Bupati(Perbup) untuk seluruh pegawai di kabupaten Batu Bara setiap Hari Jumat, wajib mengenakan pakaian Batik dari hasil karya Khas Batu Bara yang dari Industri Batik yang berada di kabupaten Batu Bara.

    Dimana, pelatihan berlangsung selama empat hari dimulai dari tanggal 20 – 23 Oktober 2020, yang dilaksanakan di aula RM. Barokah di ikutin sebanyak  27 orang peserta pelaku industri Batik yang tersebar di berbagai kecamatan, (pr)



     
    Berita Lainnya :
  • Ny Maya Zahir : Batik Merupakan Hasil Cipta dan Karya Seni
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    04 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    0823-8884-6661
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2019 GardaMETRO.com, all rights reserved