| Bharaduta Polres Kuansing Berbagi Berkah di Bulan Suci Ramadhan | | DPRD Riau Paripurna Penyampaian Hasil Kerja Pansus Terhadap LKPJ Kepala Daerah Tahun 2020. | | MARI Tolak Kasasi Pemkab Rohul, Perintahkan Hak Mantan Anggota DPRD Teddy Mirza Dall Dibayarkan. | | Guna Putuskan Mata Rantai Penyebaran Virus Covid 19, Camat Gunung Tujuh Bagikan Ribuan Masker Kepada Masyarakat | | Alhamdulillah, Umur 11 Tahun Adrian Wilan Putra, Mendapat Juara I MTQ | | Lestarikan Budaya Adat Suku Mongondow, Ini Harapan Masyarakat Dumoga Kepada Pemerintah Bolmong
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Kobarkan Sijago Merah oleh Polsek Hulu Kuantan, Antisipasi Peningkatan Penambang Emas Tampa Izin (PETI) Menjelaskan Lebaran
Kamis, 29-04-2021 - 15:52:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Kobarkan Sijago Merah oleh Polsek Hulu Kuantan, Antisipasi Peningkatan Penambang Emas Tampa Izin (PETI) Menjelaskan Lebaran
  •  

    GardaMETRO.com, Kuansing - Menjelang setiap akan lebaran sudah dipridiksi sebagian masyarakat akan melakukan penambangan emas, dengan alasan klasik untuk memenuhi kebutuhan hidup apalagi menjelang lebaran kegiatan PETI oleh masyarakat akan meningkat karena potensi tanah/lahan yang tidak jauh dari kehidupan warga.

    Dipinggir-pinggir Sungai dan lahan/perkebunan yang diduga ada mengandung butiran emas, akhirnya warga berusaha untuk mengambil butiran emas tersebut mulai dengan cara mendulang, merobin dan mendompeng.

     Sehubungan hal tersebut kegiatan penambangan oleh warga belum memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku salah satunya ada izin dari penjabat yang berwenang.
    Karena belum adanya izin maka kegiatan penambangan emas tetap dilarang.

     Untuk mencegah dan mengurangi aktivitas penambangan emas tampa izin Polsek Hulu Kuantan yg diwilayah tugasnya masih ada lahan yang berpotensi untuk ditambang karena diduga ada emasnya melakukan kegiatan operasi penertiban berupa  pengecekan dan penindakan kelokasi yang diduga terjadinya aktivitas penambangan emas tanpa izin.

    Kegiatan operasi tersebut dilakukan Polsek Hulu Kuantan pada hari Rabu tanggal 29 April 2021 dimulai pukul 08.30 wib yang dipimpin oleh  Kapolsek Hulu Kuantan AKP SAHARDI, SH beserta dengan personil :

    AIPTU KASMI (KA Spk I) 
    BRIPKA SYAMSUDIN (Ka Spk II) 
    BRIPKA TOMSON SINAMBELA (Kanit Intel)
    BRIPKA CHAIRUL (Kanit Sabhara)
    BRIPKA PAIRUS (Kasium)
    BRIPKA M ROZI (Ba Polsek)
    BRIPKA DIKI (Ba Polsek)
    BRIPKA DHARMON (Ba Polsek)

    Adapun lokasi yang didatangi untuk dilakukan penindakan apabila ditemukan adanya aktivitas PETI antara lain :

     Desa Sungai Alah, Kec. Hulu Kuantan
    Dilokasi ditemukan asbuk (alat untuk memisahkan emas dengan tanah/pasir/batu) dan pondok terpal pelaku aktifitas Peti tetapi Tidak ada di temukan pekerja melakukan aktifitas Peti.
    Selanjutnya dilakukan pembakaran terhadap  Asbuk dan pondok terpal agar tidak bisa digunakan lagi.

    Dusun Tuo Sungai Ulo Desa Koto Kombu, Kec. Hulu Kuantan. Dilokasi ditemukan 2 asbuk, 1 pondok terpal, 1 rakit dompeng Tidak ada di temukan pekerja melakukan aktifitas Peti.

    Selanjutnya 1 rakit untuk mendompeng, 2 Asbuk dan 1 pondok terpal dibakar agar tidak bisa digunakan lagi.

    Tidak ditemukannya warga yang sedang melakukan aktivitas PETI karena kegiatan sudah dihentikan sebelumnya karena takut tertangkap oleh aparat karena banyaknya info tentang hal tersebut.

    Kapolsek Hulu Kuantan Akp Sahardi SH dengan pers setiap saat selalu berusaha menyampaikan dan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan aktivitas PETI dan akan melakukan penindakan apabila ditemukan tetapi kenyataannya masyarakat selalu berusaha melanggarnya karena adanya rupiah yg didapatkan.

    Kapolres Kuansing Akbp Henky Puerwanto S. Ik MM Menyampaikan bahwa penegakan hukum bukan satu-satunya solusi dalam penyelesaian masalah PETI, sebaiknya stakholder terkait untuk duduk bersama mencari langkat-langkah yang terbaik yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk meningkatnya kesejahteraan masyarakat tampa  melanggar hukum, sehingga tidak aparat Kepolisian saja yang selalu disalahkan tidak berhentinya aktivitas PETI.



     
    Berita Lainnya :
  • Kobarkan Sijago Merah oleh Polsek Hulu Kuantan, Antisipasi Peningkatan Penambang Emas Tampa Izin (PETI) Menjelaskan Lebaran
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved