| 3 IKM Dan UMKM Yang Ada Di Provinsi Riau Berhasil Memperoleh Sertifikat Standar Nasional Indonesia Dari BSN | | Gubernur Riau Resmikan Gedung Operasional Vaksin Center RS Bhayangkara Tingkat lll Polda Riau | | TP PKK Provinsi Riau Dan PKK Kabupaten Kampar Menyerahkan Bantuan Untuk Balita Dan Ibu Hamil | | Resahkan Masyarakat, Kabareskrim Polri Perintahkan Sikat Habis Pinjaman Online Ilegal | | Gubernur Riau Menyampaikan Beberapa Upaya Yang Dilakukan Pemprov Dalam Rangka Pengendalian Covid-19 Di Provinsi Riau | | Aplikasi SILACAK, Polres Kuansing Lakukan Pelatihan Kepada Seluruh Bhabinkamtibmas Yang Ada Di Polsek
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Dibalik Kemenangan Al Haris-Sani Di Kerinci, Ini Komentar Pengamat
Jumat, 28-05-2021 - 21:06:40 WIB

TERKAIT:
 
  • Dibalik Kemenangan Al Haris-Sani Di Kerinci, Ini Komentar Pengamat
  •  

    Gardametro.com, KERINCI – Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi sudah berakhir pada Kamis (27/5) kemarin, dengan menempatkan pasangan nomor urut tiga, Al Haris-Sani sebagai pemenang sementara.
     
    Data yang berhasil dihimpun di lapangan, Bupati Merangin ini mampu menang telak di sejumlah wilayah, termasuk di wilayah paling barat Provinsi Jambi, yakni di Kabupaten Kerinci.
     
    Lantas siapa sosok sentral di balik kemenangan Al Haris-Sani di Kerinci?
     
    Pengamat politik di Kerinci dan Sungaipenuh, Rudi Hartono, mengatakan ada sosok vital dalam kemenangan Al Haris-Sani di wilayah barat ini.
     
    Menurut Rudi, sosok tersebut adalah Monadi. Bersama orang tua nya Murasman dan juga simpatisan, Monadi bergerak sejak awal untuk memenangkan Al Haris-Sani, dengan menyisir semua wilayah Kerinci terutama di wilayah pinggiran.
     
    Ini bisa dilihat dari hasil putaran pertama Pilgub Jambi, di mana Al Haris-Sani mampu menang di Kecamatan Sulak Mukai, yang merupakan basis Monadi meski pun saat itu Syafril Nursal yang merupakan putra Kerinci juga mencalonkan diri.
     
    “Dukungan keluarga Murasman kepada Al Haris-Sani, jauh sebelum adanya dukungan dari PAN dan partai pengusung lainnya. Simpatisannya yang terkenal militan, bergerak secara total untuk Al Haris-Sani,”kata alumni pasca sarjana Pendidikan Karakter IAIN Kerinci ini.
     
    Selain masih memiliki pendukung yang loyal, status Monadi yang dekat dengan para petani, juga semakin memudahkan dalam menggalang dukungan di masyarakat.
     
    “Monadi sekarang kan dikenal sebagai petani kentang. Di akui atau tidak, ini sangat berpengaruh dalam melakukan pendekatan ke masyarakat. Masyarakat Kerinci yang mayoritas sebagai petani, memiliki rasa kedekatan dengan Monadi,”ucapnya.
     
    Jurnalis senior di Kerinci, Fanda Yosepta, juga mengakui besarnya peran Monadi dalam kemenangan Al Haris-Sani di Kerinci. Hanya saja, karena tipe Monadi kurang mau diekspose, sehingga peran tersebut kurang terlihat.
     
    “Sebagai ulumni IPDN bersama Haris, Monadi punya banyak jaringan. Baik dengan petani maupun di sejumlah organisasi. Simpatisannya juga masih solid,”ungkapnya.
     
    Saat menjabat sebagai Kadis Pendidikan, memang Monadi disenangi para guru. Kredibilitasnya diakui sangat baik.  
     
    Realita di lapangan demikian tambahnya. Kondisi ini yang kemudian memudahkan Monadi dalam menggalang dukungan untuk Al Haris-Sani.
     
    “Siapa guru yang tidak senang dengan Monadi saat menjadi Kadis Pendidikan Kerinci. Saat dia mensosialisasikan dukungan ke Haris, mudah diterima masyarakat,”tegasnya.
     
    Namun demikian, dia menyebutkan kemenangan Al Haris-Sani juga tidak terlepas dari dukungan pihak lain. Termasuk partai, dan timses di lapangan.
     
    “Memang setelah putaran pertama, Al Haris-Sani mendapatkan dukungan yang luar biasa. Banyak pihak yang sebelumnya mendukung kandidat lain, mulai merapat beralih mendukung Al Haris-Sani,”pungkasnya.
     
    Hanya saja, Monadi saat diminta tanggapannya enggan berkomentar banyak terkait kemenangan Al Haris-Sani di Kerinci.
     
    Dia hanya mengaku memberikan dukungan penuh kepada Al Haris-Sani, karena menilai Al Haris-Sani mampu membangun dan membawa perubahan untuk Provinsi Jambi, terutama Kabupaten Kerinci.
     
    Untuk diketahui, di Kabupaten Kerinci sendiri ada tujuh TPS yang dilakukan PSU. Di mana dari tujuh TPS tersebut, pasangan Haris Sani mampu menang telak dari rivalnya.
     
    Di TPS 1 Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, CE Ratu hanya mendapatkan 68 suara, sementara Al Haris-Sani mendapatkan 174 suara. Di TPS II CE-Ratu mendapatkan 94 suara, dan Al Haris-Sani meraih 165 suara.
     
    Di TPS 1 Desa Pasar Kerman, CE-Ratu 23 suara sementara Al Haris-Sani mengumpulkan 156 suara pemilih.
     
    Di TPS 1 Desa Lolo Gedang, CE-Ratu mendapatkan 130 suara dan pasangan Al Haris-Sani mendapatkan 179 suara.
     
    Di TPS 1 Desa Lolo Hilir, CE-Ratu hanya meraih 59 suara, sedangkan pasangan Al Haris-Sani mampu meraih193 suara.
     
    Demikian juga di TPS 1 Desa Pondok Beringin, CE Ratu mendapatkan 44 suara, sedangkan pasangan Al Haris-Sani mendapatkan 185 suara.
     
    Sementara di TPS 1 Desa Koto Tuo Ujung Pasir, CE-Ratu mendapatkan 57 suara, dan pasangan Al Haris-Sani 165 suara.*Mariono/jeh/gmc



     
    Berita Lainnya :
  • Dibalik Kemenangan Al Haris-Sani Di Kerinci, Ini Komentar Pengamat
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved