| Masyarakat Mendukung Penuh Program yang di Laksanakan pemdes Kampung Madura | | Camat Kuantan Hilir Lakukan Monev Dana Desa Tahap 1 TA 2024 di Desa Kampung Tengah | | Pemdes Kampung Tengah Menyalurkan 24 KPM BLT-DD Triwulan II , Masyarakat Bahagia | | Rikky Fermana Wakil Ketua KI Babel: Transparansi Informasi Publik Adalah Hak Setiap Warga | | Menjelang Lebaran Idul Adha Pemerintah Desa Muara Semah Realisasikan BLT DD Tahap 2 Tahun 2024 | | Tim monev Kecamatan Kuantan Hilir, Cek Pengunaan Anggaran Dana Desa Tahap I Desa Kampung Madura
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Sungguh Perbuatan Keji, Inisial "R" Melakukan Pungutan, Pemerasan BLT DD Tahun 2023 Desa Padang Bindu
Jumat, 31-05-2024 - 20:20:25 WIB

TERKAIT:
   
 

gardametro.com, Empat Lawang, Sumsel -- Penyaluran  Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa di Desa Padang Bindu Kecamatan Pendopo Barat Kabupaten Empat Lawang Tahun 2023 sudah selesai 100 persen penyaluranya . Namun sepanjang penyaluran BLT Dana Desa Padang Bindu itu, muncul sejumlah laporan terkait dugaan pemotongan/pemerasan bantuan untuk masyarakat yang mendapat BLT DD (KPM). Diduga telah dilakukan oleh oknum masyarakat yang bernama "robin".

Masyarakat yang resah melaporkan hal tersebut kepada awak media, bahwa adanya dugaan pemotongan BLT Dana Desa di Daerah itu. Bahwa adanya pembagian BLT DD Untuk Tahun 2023, Untuk KPM 33 Penerima BLT DD, dibayarkan sekaligus untuk setiap bulannya Rp. 300.000, Dengan total keseluruhan Rp. 2.100.000. Dan mereka melaporkan bahwa adanya pemotongan sebanyak 25% dari masyarakat inisial "R" Dan anggotanya.

Berbekal dari laporan itu, Kami Media bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan tim langsung turun kelapangan untuk melakukan wawancara serta investigasi guna mengali informasi lebih lanjut.

Setelah kami konfirmasi kepada Kepala Desa Padang Bindu " Saya tidak tahu, bahwa ada pemotongan tersebut, tetapi saya hanya menjalankan tugas saya yaitu menyalurkan BLT DD tahun 2023 didesa saya. Luar dari itu saya tidak tahu. " ungkapnya.

Kami konfirmasi lebih lanjut dengan mewawancarai KPM yang menerima BLT DD Tahun 2023, yang berinisial "M".
" Saat pembagian BLT DD tidak ada Pemotongan, nah setelah acara kami di data dan didatangi kerumah-rumah oleh orang suruhan "r", kami diminta duit sebesar 300, nah awalannya saya kasih 200 kan saya butuh duit tersebut untuk kebutuhan saya dan anak saya. Orang suruhan
tambah 100." Jelas ibu m

" Ada Kira-kira Lebih kurang 20 Kpm yang telah menyetor/dipinta uang sebesar 300, dari 33 KPM Penerima BLT DD".

Menurut keterangan KPM Lain Alasannya kenapa di pinta pungutan tersebut ialah karena " R" Mengadukan kepala Padang Bindu Ke Inspektorat, merasa sudah berjasa kepada masyarakat, duet blt itu turun karena dia (robin). Dan dipinta 300 untuk biaya minyak, dsb. "

Sangat di sayangkan beribu sayang, uang BLT DD yang telah disalurkan tahun 2023 tersebut diperuntukkan KPM yang sangat membutuhkan, di pungut biaya atau diperas 300/ KPM oleh masyarakat yang tidak bertanggung jawab.

Telah ditegaskan tidak ada potongan apapun saat mencairkan dana bansos, maka perbuatan pihak masyarakat dan oknum yang mengaku sebagai pengurus BLT DD supaya cair tersebut dapat dikategorikan sebagai pungli.

Pungli yang dilakukan inisial "R" tersebut dapat dikategorikan sebagai tindak pidana pemerasan jika dilakukan dengan pemaksaan yang melibatkan kekerasan atau ancaman kekerasan, sebagaimana diatur dalam Pasal 368 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”):

Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan, dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun.

Kami minta kepada APH terkait bisa ditindak lanjuti dan ditindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.*R-ansyah/bnb.



 
Berita Lainnya :
  • Sungguh Perbuatan Keji, Inisial "R" Melakukan Pungutan, Pemerasan BLT DD Tahun 2023 Desa Padang Bindu
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
    07 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved