| Hearing Komisi II Terkait Lahan 3 Desa, Anggota DPR Rohul Gebrak Meja Geram Dengan PT Hutahaean | | Jokowi Ungkap 7 Program Bansos yang Dilanjutkan Pada 2021 | | Sebanyak 99,1 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 54,6 Juta Pulih | | Tewas Suami-Istri Tertimpa Batu Longsor di Kupang | | Danrem 091/ASN Berangkatkan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long ke Papua Gunakan KRI Makassar-590 | | Warga Tenggelam Di Temukan Tak Bernyawa di Aliran Sungai Kuantan
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Monamak Kubua dan Penobatan Gola Adat Luhak Kepenuhan
Senin, 11-01-2021 - 20:02:11 WIB
Fhoto Pupah oleh H. mansur Tuan Imam Majo Saih imam nan Ompek Luhak Kepenuhan 
TERKAIT:
 
  • Monamak Kubua dan Penobatan Gola Adat Luhak Kepenuhan
  •  

     
    GardaMetro.com-KEPENUHAN -Sonik Bogele Godang Bolega, Patah Tumuh Ilang Boganti, demikian tunjuk ajar dari potatah Potitih Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT dalan hal Monamak Kubua (meninggikan Tanah ) dan Pengangkatan atau Penobatan  Gola secara Adat Luhak Kepenuhan dan ini termasuk hukum adat atau ketentuan adat yang pertama dari Hukum yang Empat yakni Adat Sedio Lamo.  

    Sedangkan yang mengangkat Gelar ini adalah mamak Mantao Lelo yang secara khusus ditugaskan Oleh Lembaga Kerapatan Adat Luhak Kepenuhan untuk menyampaikan atau mengucapkan sumpah menurut adat Luhak Kepenuhan.

    Demikian yang disampai oleh Zulkifli Mansur Mamak Mangkutu Kayo induk suku Tanjung Padang Ilie Suku Melayu Luhak Kepenuhan, Hari ini Ahad, 26 Jumadil Awal 1442 H / 10 Januari  2021

    Lanjutnya, ada dua agenda Kegiatan yang di laksanakan secara Adat Luhak Kepenuhan yaitu Monamak Kubua alm H. Baharudin Mamak Ajo Stindo induk  Kopalo Padang  suku Melayu  bertempat di pemakaman Umum Masjid At- Taqwa Kota Tengah  dan Pengangkatan Gola Adat bertempat di rumah alm H. Baharudin Mamak Ajo Stindo.

    Alhamdulillah hadir dalam  kedua agenda kegiatan ini mulai dari Pucuk Suku, Tungkek Suku, induk dan mato Buah Poik se Luhak Kepenuhan umumnya serta tokoh / uwang Somondo/ masyarakat / anak Komonakan. 

    Adapun yang di lantik atau di nobatkan yakni Abdullah Yazid Mamak Ajo Stindo menggantikan  Alm H. Baharudin  ( Bojonyiang Naik Bitanggo Tu- un ) dan Mato Buah Poik induk Kopalo Padang Suku Melayu yakni Syamsul Bahri Mamak Montiko Dubalang ( Patah Tumuh Ilang Bkganti ), tambah Zulkifli Mansur mamak Mangkuto Kayo yang juga Plt Pembantu Rektor UPP.

    Ismail Dt Podano Montoi, Gelar Kurnio dari Lembaga Kerapatan Adat Luhak Kepenuhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mamak, Anak Komonakan dan  uwang Somondo induk Kopalo Padang Serta semua pihak Atas suksesnya penyelenggaraan dua agenda adat tadi sesuai dengan azam lazim adat Luhak Kepenuhan.

    "Selamat bertugas mamak Ajo Stinda dan mamak Montiko Dubalang sesuai dengan amanah Adat : Bokepak Leba, Boumai Panyang dan Golao Bosuluh Ujan Botudong. Syukur Alhadulillah bahwa di Luhak Kepenuhan Negeri BERADAT ini, budaya dan tradisi ini terus hidup dari masa dan generasi ke generasi sesuai dengan petuah adat dan kebiasaan masyarakat yang selalu di junjung tinggi dan dilestarikan, semoga dapat di pogang Pakai Pedoman masa sekarang dan akan datang bahwa Hidup di kandung Adat dan Mati di Kandung Tanah. Adat Bersendikan Syara', Syara' Bersendikan Kitabullah )." Demikian harap sang Datuk. (rls/SHI Group/Fah)




     
    Berita Lainnya :
  • Monamak Kubua dan Penobatan Gola Adat Luhak Kepenuhan
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved