| Wakapolda Riau: Kami Upaya Capai 70% Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Lansia Dan Anak | | DPC Pospera Lebak Sangat Apresiasi Terhadap Hasil Karya WBP | | Sekretaris Daerah Kab. Nias Utara Meninjau Lokasi TPI DI Kec. Lahewa | | H.Ayep Zaki Menambahkan Berkaca Dari Suksesnya SP Cup 2022 | | Polres Bolsel Melaksanakan Koordinasi Dan Sosialisasi Giat Program Vaksinasi Anak 6 - 11 Tahun | | Polres Bolsel Tingkatakan Kemampuan PBB Yang Di Pantau Langsung Wakapolres Bolsel
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Anggota Polri Harus Menjalankan Tugasnya Dengan Profesional
Sabtu, 15-01-2022 - 17:15:52 WIB

TERKAIT:
 
  • Anggota Polri Harus Menjalankan Tugasnya Dengan Profesional
  •  

    Gardametro.com | Jakarta - Kapolri Jendral Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, membenarkan hal tersebut, bahwa memang betul Polri komit untuk memberikan Rewards kepada anggota yang berprestasi dan memberikan Punishment kepada anggota yang melakukan pelanggaran dan merugikan Institusi.

    Menurut hemat saya, bahwa semua anggota Polri dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggung jawabnya harus Profesional. Artinya semua anggota Polri harus ahli, mahir dan trampil sesuai dengan Profesinya dibidang tugas dan fungsi teknis masing - masing yang menjadi tanggung jawab dan wewenangnya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan pelindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

    Selama anggota Polri bekerja berdasarkan kebiasaan atau rutinitas pekerjaan, kebiasaan yang dilakukan oleh teman atau seniornya dan bukan berdasarkan ketentuan yang seharusnya, maka tidak akan membuat anggota bekerja Profesional. Dan juga selama anggota bekerja dengan lebih mengutamakan berinisiatif bagaimana cara mendapatkan rejeki tambahan berkaitan dengan jabatan dan pekerjaannya, maka tidak akan dapat disebut sebagai Polisi Profesional.

    Profesional untuk anggota fungsi reserse adalah kemampuan untuk bisa sebanyak mungkin mengungkap kasus yang menjadi tugas dan fungsi dalam lingkup kewenangannya, bisa mengungkap kasus dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan dengan mengejar pengakuan, dapat dipercaya oleh masyarakat, bekerja dengan tidak meminta imbalan dan dalam melaksanakan proses penyidikan tidak terpengaruh oleh perilaku pihak - pihak lain yang seharusnya dibatasi oleh hukum.

    Anggota Polri yang menjalankan tugas tanggung jawabnya secara Profesional bisa dinilai berprestasi. Prestasi itu adalah penilaian orang lain atau penilaian oleh masyarakat pada umumnya, tolak ukurnya sangat  jelas yaitu tindakan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

    Prestasi Polri saat ini yang dirasakan oleh masyarakat antara lain adalah pekerjaan menanggulangi terorisme oleh Densus 88 Anti Teror dalam mengungkap dan menangkap para pelaku teror sebelum para teroris melakukan tindakan, dan mengungkap jaringannya.Tidak ada pelaku teroris yang ditangkap dan diproses hukum oleh Densus 88 Polri yang dibebaskan oleh pengadilan. Pelaksanaan tugas tersebut dengan menggunakan hard approach.

    Dalam pendekatan lunak atau soft approach Densus 88 juga berhasil menyadarkan para teroris dan membina mereka untuk meninggalkan idiologi kematian, kembali kepada idiologi Pancasila dan mau bekerja sesuai dengan bimbingan dan arahan Densus 88 Anti Teror Polri.

    Sementara disisi lain masih ada anggota Polri yang yang mencari Sensasi yang sering terjadi atau dilakukan oleh anggota atau Pejabat Polri dengan tujuan untuk menarik perhatian orang banyak demi popularitas untuk tujuan tertentu. Misalnya kegiatan menggerebeg pelaku kejahatan dengan melibatkan wartawan untuk diliput secara langsung demi popularitas.

    Untuk mendorong dan mewujudkan agar semua anggota Polri Profesional, Berprestasi dan tidak mencari Sensasi, seyogianya Polri mengintensifkan kebijakan yang dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, seperti kebijakan.

    Potong kepala bagi atasan yang tidak mau atau tidak mampu menindak dan menertibkan bawahannya yang nakal atau melanggar hukum. Kemudian diikuti dengan kebijakan pecat 5% Polisi nakal dan Polisi tidak Profesional” untuk menyelamatkan 95% Polisi baik dan Profesional dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat, sehingga masyarakat tetap memilih untuk melaporkan masalah - masalah pelanggaran hukum dan kejahatan yang terjadi kepada Polri dari pada lembaga lain atau media. Semoga Polri menjadi lebih baik dan makin dipercaya masyarakat.  (M.Rohim/SHI GROUP)

    Editor: Zahra



     
    Berita Lainnya :
  • Anggota Polri Harus Menjalankan Tugasnya Dengan Profesional
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved