| Rapat Paripurna DPRD Empat Lawang Bahas Tiga Raperda | | Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia | | UPT. RSTP BAPPEDALITBANG PROV. RIAU BERSAMA BAPPEDA INHIL AKAN LAKSANAKAN DEMO PROSES PENJERNIHAN AIR TANAH GAMBUT DI SUNGAI PIRING | | Diparkir Di Teras Rumah, Sepeda Motor Warga Tandun Rohul Raib Digondol Maling | | Kunjungan Kapolda Riau Dalam Kegiatan Kunker Wilayah Hukum Polres Indragiri Hilir | | Pengedar Sabu Dan Daun Ganja di Rohul, Dibekuk Unit Reskrim Polsek Kepenuhan
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Panen Raya Jagung Bupati Empat Lawang Berikan Bantuan Alsintan Di Kecamatan Paiker
Kamis, 16-06-2022 - 10:44:51 WIB

TERKAIT:
   
 

Gardametro.com | EMPAT LAWANG Sumsel - Setelah irigasi Paiker rusak akibat banjir bandang beberapa waktu yang lalu. Warga Desa Muara Rungga, Kecamatan Paiker, Kabupaten Empat Lawang, alihfungsikan lahan persawahan menjadi lahan jagung.

Plt Kepala Dinas Pertanian Hendra Lezi mengatakan, khusus di Desa Muara Rungga ini, luas lahan jagung lebih kurang 240 hektar. Dengan hasil panen rata-rata 8-12 ton perhektar.

"Ini lahan persawahan, namun  kondisi irigasi rusak akibat bencana banjir bandang, akhirnya masyarakat jeli, dan melakukan  tanam jagung," kata Hendra Lezi, saat panen raya jagung di Desa Muara Rungga, Rabu (15/6/2022).

Kegiatan ini lanjut Hendra Lezi, untuk meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Paiker. Baik secara kualitas maupun kuantitas.

"Tahun 2022 ini, sasaran tanam jagung adalah selaluas 3.800 hektar tersebar di 10 kecamatan," pungkasnya. 

Sementara itu Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, berharap tanaman jagung ini dapat meningkatkan produksi pertanian di Kecamatan Paiker. 

"Karena Kecamatan Paiker akan di jadikan lumbung padi dan jagung karena irigasi rusak, akhirnya lahan persawahan ini jadi tanaman jagung yang hasilnya tidak kalah dengan hasil padi yang harganya Rp 4500 sampai Rp 5000 per kg," jelasnya.

Untuk penjualannya sendiri sambung Joncik, akan difokuskan di Pulau Jawa, sebab pangsa pasar penjualan terbesar ada di Pulau Jawa.

Sebenarnya ditambahkan Joncik, Paiker ini bukan terkenal dengan jagung. Tapi dikarenakan irigasi rusak akibat banjir bandang, lahan persawahan tersebut dialihfungsikan menjadi tanaman jagung.

"Tapi tahun 2022 ini panen jagung Paiker 1500 ton, sementara di Muara Pinang 1499 ton, ini sudah melewati Muara Pinang satu ton. Padahal sentral jagung ada di Muara Pinang," ucapnnya.

Disela-sela panen jagung tersebut, Bupati Empat Lawang juga memberikan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan), benih padi, benih jagung kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Empat Lawang. (D-arisandi/SHI GROUP)



 
Berita Lainnya :
  • Panen Raya Jagung Bupati Empat Lawang Berikan Bantuan Alsintan Di Kecamatan Paiker
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
    07 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved