| Rapat Paripurna DPRD Empat Lawang Bahas Tiga Raperda | | Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Meninggal Dunia | | UPT. RSTP BAPPEDALITBANG PROV. RIAU BERSAMA BAPPEDA INHIL AKAN LAKSANAKAN DEMO PROSES PENJERNIHAN AIR TANAH GAMBUT DI SUNGAI PIRING | | Diparkir Di Teras Rumah, Sepeda Motor Warga Tandun Rohul Raib Digondol Maling | | Kunjungan Kapolda Riau Dalam Kegiatan Kunker Wilayah Hukum Polres Indragiri Hilir | | Pengedar Sabu Dan Daun Ganja di Rohul, Dibekuk Unit Reskrim Polsek Kepenuhan
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Konfirmasi Proyek Sumur Bor, Wartawan Disepelekan Oknum Perangkat Desa Banjaranyar
Sabtu, 18-06-2022 - 10:14:22 WIB

TERKAIT:
   
 

Gardametro.com | NGANJUK - Proyek pembuatan sumur bor di Desa Banjar Anyar, Kecamatan Tanjung Anom, Kabupaten Nganjuk disinyalir janggal. Pasalnya proyek yang diperkirakan bernilai anggaran ratusan juta ini, terkesan tidak transparan tanpa papan nama proyek.

Dalam proyek pembuatan sumur bor yang saat ini dikerjakan, terpantau dalam pelaksanaan tidak ada papan nama, serta tidak diketahui siapa CV pelaksana proyek tersebut dan terkesan tidak sesuai aturan juklak dan juknis setiap proyek pada umumnya.

Sementara itu Kepala Desa Banjaranyar dan perangkat desa (kepala dusun) saat dimintai keterangan oleh Awak Media Lintas Indonesia terkesan menyepelekan wartawan tersebut disertai guyonan menertawakan.

"Nyapo rene jaluk sangu toh (Kenapa kesini, minta uang saku kah)" cibir oknum perangkat desa tersebut. Atas dasar bukti rekaman dari wartawan tersebut.

Selanjutnya beberapa awak media yang tergabung di Aliansi Wartawan Se-Jawa Timur menyusul ke Kantor Desa Banjaranyar serta turut menkonfirmasi hal tersebut segaligus mewawancara Kepala Desa (kamis, 16/06/2022). Kepala Desa mengatakan bahwa ia tidak tau mengenai nilai Anggaran dan siapa Kontraktor dalam proyek tersebut yang hanya saya tau bahwa proyek sumur bor tersebut dari provinsi.

Setelah itu kami terjun kelapangan untuk kroscek pengerjaan proyek sumur bor tersebut, alhasil sesuai fakta dilapangan benar adanya bahwasanya pengerjaan proyek tersebut tidak ada papan nama serta nama kontraktor yang sebagai pelaksana dan yang sangat disayangkan para pekerjanya tidak mematuhi unsur K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja), padahal hal tersebut demi mencegah terjadinya kecelakaan pada saat bekerja.

Rasa empati dari beberapa wartawan yang tergabung di AWAS (Aliansi Wartawan Se-Jawa Timur) usai mendengarkan bukti rekaman dari wartawan media lintas Indonesia tersebut, kami sangat menyayangkan atas ucapan oknum perangkat Desa (kepala dusun) yang terkesan melecehkan wartawan saat mengkonfirmasi Proyek Bor tersebut. Pada saat melakukan tugasnya sesuai kode etik malah menyepelekan dan merendahkan latar belakang serta keluarga wartawan saat mengkonfirmasi terkait keberadaan proyek sumur bor tersebut.

Seharusnya sebagai kepala dusun yang sesuai Tupoksinya :
1. Kepala Dusun berkedudukan sebagai unsur satuan tugas kewilayahan yang bertugas membantu Kepala Desa dalam pelaksanaan tugasnya di wilayahnya.
2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Kepala Dusun memiliki fungsi : Pembinaan ketentraman dan ketertiban, pelaksanaan upaya perlindungan masyarakat, mobilitas kependudukan dan penataan, dan pengelolaan wilayah. Mengawasi pelaksanaan pembangunan di wilayahnya. Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam meningkatkan kemampuan dan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.  Melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat dalam menunjang kelancaran penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Dan Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Desa.

Tidak cukup disitu selanjutnya Kepala Dusun Banjaranyar ini ironisnya malah  menyuruh wartawan tersebut untuk membongkar pendaftaran/penerimaan anggota polri, dengan nada menyuruh kepala dusun tersebut berkata, "Coba sampeyan ke Polres bongkar kenapa penerimaan anggota polisi bayar, padahalkan gratis," imbuh oknum kepala dusun tersebut.

Terkait ungkapan oknum kepala dusun diatas, kami selaku Awak Media yang memiliki fungsi sebagai kontrol sosial, akan mengklarifikasi atas ungkapannya tersebut. (Noer/SHI GROUP)

Editor : Yolan



 
Berita Lainnya :
  • Konfirmasi Proyek Sumur Bor, Wartawan Disepelekan Oknum Perangkat Desa Banjaranyar
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
    07 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved