| Pemerintahan Desa EN Satu Sukses Salurkan BLT Dana Desa Tahap Ke I dan II | | Polsek Kampar Kiri Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur | | Johan Murod  Bilang Begini Tentang Sahabatnya Thomas Yusman Ketua KADIN Babel | | Depan Ketua Komisi III DPRD Rohul dan Pengawas Disnaker Riau, Humas PT SJI Nusa Coy Berdalih Meski Diduga Langgar UU Nomor 24 Tahun 2011 | | Hasto Suryo Atmojo Ketua LPSK Tandatangani Mou Penanganan Medis Bagi Saksi Dan Korban | | Anggota BPD Kabupaten Pelalawan Dilantik, Bupati H. Zukri Harapkan, Anggota DPD Dapat Menjalankan Tugasnya Dengan Baik
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Biji Semangka Aman Untuk Dikonsumsi, Ini Manfaat Bagi Tubuh
Minggu, 16-05-2021 - 14:17:04 WIB

TERKAIT:
 
  • Biji Semangka Aman Untuk Dikonsumsi, Ini Manfaat Bagi Tubuh
  •  

    GardaMETRO.com, RIAU - Beberapa ahli nutrisi mengatakan biji semangka aman untuk dikonsumsi dan bahkan mengandung manfaat yang baik untuk tubuh.

    Menurut Keri Gans, penulis The Small Change Diet memakan biji semangka tidak akan menimbulkan masalah kesehatan. Pasalnya, biji tersebut akan keluar dari sistem pencernaan tubuh, mirip saat seseorang menelan permen karet.

    "Ketika Anda memakan biji semangka yang 100 persen mentah, dengan kata lain, cangkang hitamnya masih ada, biji semangka itu tidak akan dicerna oleh tubuh, melainkan akan melewati sistem pencernaan," ujar Keri Gans.

    Tak hanya aman dikonsumsi, menurut laman Prevention, biji semangka mengandung nilai gizi yang baik untuk tubuh jika dimakan dalam jumlah yang banyak.

    "Biji semangka adalah sumber magnesium yang baik," ujar Jessica Cording, R.D, penulis The Little Book of Game Changers.

    Magnesium merupakan mineral yang sangat penting sebab mereka terlibat dalam lebih dari 600 reaksi kimia tubuh. Satu ons biji semangka menyumbang sekitar 30 persen dari kebutuhan magnesium harian seseorang.

    Gina Keatley, ahli gizi dari New York, Amerika Serikat mengatakan biji semangka justru memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan jantung. Ia menyebut biji semangka mengandung antioksidan yang disebut likopen.

    Antioksidan ini terdapat pada buah dan sayuran yang memiliki pigmen merah termasuk semangka. Likopen diketahui memberikan banyak manfaat kesehatan yang positif untuk tubuh mulai dari jantung hingga mencegah kanker.

    Tak hanya itu, biji semangka juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya, seperti folat (vitamin B), mangan, seng, protein, dan sedikit zat besi

    Para ahli nutrisi menyarankan agar biji semangka diolah dengan benar untuk mengoptimalkan kandungan gizi pada bijinya.

    Beth Warren, R.D, pendiri Beth Warren Nutrition dan penulis Secrets of a Kosher Girl menyarankan agar biji semangka dicampur dengan sedikit minyak zaitun dan garam, lalu dipanggang selama beberapa saat di dalam oven.

    "Biji semangka bisa menjadi pilihan yang bagus untuk camilan sehat saat dipanggang," kata Warren.

    Di Indonesia, camilan ini biasa disebut dengan kuaci biji semangka. Camilan ini banyak dijual di toko-toko bahan makanan kering yang sekarang bisa dipesan secara online. Tak hanya bisa dimakan langsung, Kuaci biji semangka juga bisa menjadi pelengkap untuk salad, yogurt, dan oatmeal

    Selain itu, biji semangka juga bisa diolah menjadi selai. Menurut Jessica Cording, selai biji semangka memiliki tekstur lembut seperti selai kacang. Selai ini bisa dioleskan di atas roti gandum utuh, atau menggunakannya sebagai saus untuk pelengkap salad buah hingga bisa menjadi tambahan di minuman smoothie.

    Sebagaimana makanan lain jika berlebihan, konsumsi biji semangka yang tak sesuai porsi juga menyimpan risiko bagi kesehatan.

    Menurut Jessica Cording, biji semangka berpotensi menimbulkan kembung di perut jika dikonsumsi secara berlebihan terutama bagi seseorang dengan sistem pencernaan yang sensitif

    Gina Keatley juga mengingatkan bahwa biji semangka yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan sembelit.

    "Ini semua tentang jumlah yang Anda konsumsi, ada banyak serat tidak larut dalam bijinya, yang dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda melambat jika tidak ada cukup air dan bahan lain untuk terus mendorongnya," ujarnya.

    Ia menyarankan untuk memakan biji semangka yang bertunas atau yang sudah dimasak sehingga tubuh dapat lebih mudah mencernanya.*jeh/shi




     
    Berita Lainnya :
  • Biji Semangka Aman Untuk Dikonsumsi, Ini Manfaat Bagi Tubuh
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved