| Jaksa Agung ST. Burhanuddin Mutasikan Sejumlah Pejabat di Kejati Riau | | SIRI Usung Eggi Sudjana dan Andy Chandra sebagai Kandidat Independen di Pilkada DKI Jakarta | | Bersurat ke Ombusdman Banten, Apindo Ajukan Audiensi Terkait Potensi Hambatan Industri | | Pengurus DPP APDESI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik Dan Dikukuhkan | | Disebut Enggan Usut Gedung Quran Center Lantaran Dapat Hibah, Berikut Penjelasan Kejati Riau | | Berikut Profil Pj Walikota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres Menyerukan Lebih Banyak Akses Bantuan Ke Suriah Barat Laut Dari Turki
Jumat, 10-02-2023 - 16:19:18 WIB

TERKAIT:
   
 

gardametro.com,JAKARTA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan keadaan darurat selama tiga bulan, sebagai respon bencana gempa 7,8 Magnitudo yang melanda negaranya.

Terbaru total korban meninggal dampak gempa yang melanda wilayah barat daya Turki dan Suriah utara sudah bertambah jadi lebih dari 20 ribu jiwa. Angka ini diperkirakan masih bisa meningkat ketika tim penyelamat menyisir puing-puing ribuan bangunan yang hancur.

Badan bencana Turki menaikkan jumlah korban tewas yang dikonfirmasi pada Kamis malam menjadi 17.406. Sedangkan jumlah nyawa yang hilang di negara tetangga Suriah mencapai 3.317 seperti dikutip dari Sindonews.com, Jumat (10/2/2023).

Meski peluang menemukan lebih banyak korban yang hidup memudar setelah lebih dari 72 jam sejak gempa bumi dahsyat berlalu. Petugas penyelamat di Adana, Turki telah berhasil mengeluarkan Akgun Eker yang berusia 45 tahun hidup-hidup dari bawah reruntuhan. Sebelumnya di Turki, berhasil selamatkan seorang anak laki-laki berusia dua tahun di Antakya, dan anak laki-laki berusia delapan tahun ditemukan di Diyarbakir. Keduanya telah terperangkap selama hampir 80 jam di bawah reruntuhan.

Saat upaya penyelamatan berlanjut, puluhan ribu orang yang selamat dievakuasi dari kota-kota Turki yang paling parah terkena dampak. Sementara itu, warga sipil di kota-kota Suriah membantu menguburkan korban meninggal akibat bencana tersebut.

Menyusul pemungutan suara di parlemen Turki, keadaan darurat tiga bulan di 10 provinsi yang dilanda gempa Turki selatan mulai berlaku. Presiden Recep Tayyip Erdogan sudah umumkan keadaan darurat selama tiga bulan untuk mempercepat upaya pencarian dan penyelamatan.

Saat dia memantau upaya ini dan bertemu dengan para korban gempa di provinsi Osmaniye, Erdogan mengatakan bahwa gempa bumi tersebut sudah menyebabkan kehancuran besar abad ini.

Sementara itu Bank Dunia mengumumkan bantuan sebesar USD1,78 miliar (Rp26,9 triliun) ke Turki untuk membantu upaya bantuan dan pemulihan. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga membahas cara-cara dengan mitranya dari Turki agar Amerika Serikat dapat terus memberikan bantuan kepada Turki dan Suriah.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan lebih banyak akses bantuan ke Suriah barat laut dari Turki saat ia mencari mandat yang diperluas dari Dewan Keamanan PBB untuk memungkinkan bantuan PBB disampaikan melalui lebih dari satu penyeberangan perbatasan. Saat ini, perbatasan Bab al-Hawa adalah satu-satunya rute yang layak untuk bantuan PBB.*bnb.



 
Berita Lainnya :
  • Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres Menyerukan Lebih Banyak Akses Bantuan Ke Suriah Barat Laut Dari Turki
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
    07 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved