| Pemerintahan Desa EN Satu Sukses Salurkan BLT Dana Desa Tahap Ke I dan II | | Polsek Kampar Kiri Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur | | Johan Murod  Bilang Begini Tentang Sahabatnya Thomas Yusman Ketua KADIN Babel | | Depan Ketua Komisi III DPRD Rohul dan Pengawas Disnaker Riau, Humas PT SJI Nusa Coy Berdalih Meski Diduga Langgar UU Nomor 24 Tahun 2011 | | Hasto Suryo Atmojo Ketua LPSK Tandatangani Mou Penanganan Medis Bagi Saksi Dan Korban | | Anggota BPD Kabupaten Pelalawan Dilantik, Bupati H. Zukri Harapkan, Anggota DPD Dapat Menjalankan Tugasnya Dengan Baik
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Akibat Covid-19 Kematian di Brasil Tembus 400 Ribu
Jumat, 30-04-2021 - 12:38:29 WIB

TERKAIT:
 
  • Akibat Covid-19 Kematian di Brasil Tembus 400 Ribu
  •  

    GardaMETRO.com, Brazil - Angka kematian akibat Covid-19 di Brasil tembus 400 ribu jiwa pada Kamis kemarin. Brasil menjadi negara kedua yang mencapai angka tersebut setelah Amerika Serikat.

    Brasil pada Kamis mencatat 3.001 kematian baru karena COVID-19, menjadikan totalnya sejak pandemi mulai menjadi 401.186 kematian, kata Kementerian Kesehatan seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 30 April 2021.

    Para ahli kesehatan memperingatkan jumlah korban harian dapat tetap tinggi selama beberapa bulan karena vaksinasi yang lambat dan batasan sosial yang longgar.

    Lonjakan infeksi virus corona pada tahun ini telah mendorong rumah sakit di seluruh negeri ke ambang kapasitas mereka dan menyebabkan 100 ribu kematian hanya dalam waktu sebulan.

    Kematian COVID-19 Brasil sebenarnya sedikit menurun dari rekor mereka yang pernah mencapai lebih dari 4 ribu orang tewas dalam satu hari pada awal April. Bukannya tetap mengetatkan pembatasan sosial, banyak pemerintah daerah justru melonggarkannya

    Petugas medis merawat pasien di ruang gawat darurat rumah sakit Nossa Senhora da Conceicao yang penuh sesak karena wabah Covid-19, di Porto Alegre, Brazil, 11 Maret 2021. [REUTERS / Diego Vara]

    Para ahli penyakit menular memperingatkan bahwa pelonggaran ini akan membuat kematian meningkat selama berbulan-bulan karena vaksin saja tidak dapat diandalkan untuk menahan virus. Dua ahli mengatakan mereka memperkirakan kematian terus berlanjut hingga rata-rata di atas 2 ribu per hari.

    "Brasil akan mengulangi kesalahan yang sama seperti tahun lalu," kata ahli epidemiologi Pedro Hallal, yang memimpin studi nasional tentang COVID-19.

    "Apa yang akan dilakukan Brasil sekarang? Kembali ke pelonggaran pembatasan dan itu akan menstabilkan kita pada 2 ribu kematian per hari, seolah 2 ribu kematian akibat satu penyakit dalam satu hari adalah normal," katanya.

    Lonjakan infeksi didorong oleh varian virus corona P.1 yang ditemukan di Brasil yang diyakini 2,5 kali lebih menular dari versi aslinya.

    Peluncuran vaksin, dengan hanya sekitar 13 persen orang yang menerima satu suntikan hingga saat ini, belum cukup untuk menahan penyebaran tanpa batasan sosial, kata Diego Xavier, seorang peneliti di lembaga kesehatan pemerintah Fiocruz.

    Dia juga memperkirakan lebih dari 2 ribu kematian per hari akan menjadi normal tanpa percepatan besar dalam vaksinasi, seperti yang terlihat di negara-negara seperti Amerika Serikat.

    Para ahli menyalahkan tingginya korban tewas pada kegagalan pemerintah, dari Presiden Jair Bolsonaro hingga banyak gubernur dan wali kota, melancarkan tanggapan yang cukup kuat terhadap pandemi.

    "Kami telah mencapai angka 400 ribu kematian ini terutama karena ketidakmampuan manajerial pemerintah ini, yang dipimpin oleh presiden," kata Jamal Suleiman, seorang dokter di Institut Infeksi Emilio Ribas.

    Presiden Brasil Jair Bolsonaro telah meremehkan tingkat keparahan virus sejak awal. Ia bahkan menentang tindakan penguncian yang ketat dan tidak mendukung penggunaan masker.

    Sumber: TEMPO.CO


     
    Berita Lainnya :
  • Akibat Covid-19 Kematian di Brasil Tembus 400 Ribu
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved