| Hearing Komisi II Terkait Lahan 3 Desa, Anggota DPR Rohul Gebrak Meja Geram Dengan PT Hutahaean | | Jokowi Ungkap 7 Program Bansos yang Dilanjutkan Pada 2021 | | Sebanyak 99,1 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 54,6 Juta Pulih | | Tewas Suami-Istri Tertimpa Batu Longsor di Kupang | | Danrem 091/ASN Berangkatkan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long ke Papua Gunakan KRI Makassar-590 | | Warga Tenggelam Di Temukan Tak Bernyawa di Aliran Sungai Kuantan
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Pemkab Rohul Sudah Sampaikan Usulan Pembangunan Pintu Keluar Masuk Tol Pekanbaru-Sumbar
Senin, 11-01-2021 - 09:25:16 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemkab Rohul Sudah Sampaikan Usulan Pembangunan Pintu Keluar Masuk Tol Pekanbaru-Sumbar
  •  

    GardaMETRO.com, ROKAN HULU  – Terkait Usulan Pembangunan Pintu keluar – Masuk Tol Bangkinang – Pangkalan menghubungkan Konektivitas ke Wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang melintas Ruas Jalan Rantau Berangin-Kabun-Tandun – Pasir Pengaraian. Pemerintah setempat sudah menyampaikan data Justifikasi Tekhnis (Justek) kepada Pemprov Riau.

    Hal ini disampaikan ada dibangun nya Jalan Tol Pekan Baru - Provinsi Sumatera Barat, yang sudah mulai dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR RI sesuai Program Presiden RI Ir. H.Joko Widodo  untuk meningkatkan Insfratruktur Jalan di seluruh Indonesia guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Dalam data Justek itu di usulkan Pemkab Rohul yaitu, pintu Keluar – masuk tol arah Kabupaten yang berjulukan negeri seribu suluk itu, diisulkan pada titik kordinat 100°53’27,6″E0°19’58,8″N. Di ruas Rantau Berangin – Tandun – Silam.

    Dalam surat susulan tertanggal 7 Januari 2021, Bupati Rohul H Sukiman menyebutkan Tujuan Permohonan Pembangunan Pintu Keluar – Masuk Tol ke Rohul itu untuk Mendorong Konektivitas pulau Sumatera melalui peningkatan Pembangunan ruas jalan jalur lintas barat dan lintas timur yang terkoneksi antara selat malaka dan samudera hindia;

    Selain itu juga, Mendukung insfrasruktur Kawasan Andalan Ujung Batu – Bagan Batu pada sektor unggulan Industri Migas, Perkebunan, Pertanian, Minyak dan Gas Bumi serta Kawasan Strategis Nasional Hutan Lindung Mahato (Provinsi Riau).

    “Meningkatkan konektivitas tiga pusat kegiatan ekonomi Riau – Sumatera Barat – Sumatera Utara yang akan melintasi Wilayah Rohul serta Meningkatkan perkembangan kawasan perkotaan di Kabupaten Rohul,” tulis Sukiman di surat itu.

    Lebih jauh disebutkan, usulan itu juga untuk memperpendek waktu tempuh Ibu Kota Kabupaten Rohul – Pekanbaru, Sumbar dan Sumut serta mempermudah arus lalu lintas barang jasa, baik produk UMKM, hasil olahan perusahaan untuk mendorong kegiatan ekonomi serta aksessibilitas masyarakat pada sektor Wisata religi dan Wisata alam di Kabupaten Rohul.

    Sementara dalam uraian tekhnik disebutkan perkembangan kegiatan Rohul cukup pesat, Berbagai isu strategis mengedepan dan ramai dibahas, pada dasarnya berorientasi percepatan pembangunan, ekonomi wilayah, Kesra, dan menanggapi permintaan‐dari para investor yang menanamkan investasinya di Rohul, Sebagai daerah berkembang daya saing (comparative advantage) yang cukup baik.

    Selain itu, Posisi Kabupaten Rohul sangat strategis yaitu, persis berada di tengah berberapa daerah yang memiliki potensi unggulan, seperti: Kawasan Andalan Ujung Batu – Bagan Batu sektor unggulan Industri, Migas, Perkebunan, Pertanian, Minyak dan Gas serta posisi di Kawasan Strategis Nasional Hutan Lindung Mahato (Riau)

    Di lain pihak, posisi Rohul juga strategis dengan Kota Dumai, dengan potensi Perdagangan Bebas (Free Trade Zone), pabrik minyak dan pengolahan minyak, Gerbang ekspor minyak Indonesia dan Pelabuhan internasional

    Posisi Rohul juga strategis dengan potensi Bengkalis, Rokan Hilir, Siak, Kampar, Pekanbaru, Sumatera Utara, sehingga akan ada saling ketergantungan.

    “Konektivitas Wilayah Sumbar– Riau yang melintasi Rohul sepanjang 165,69 KM dihubungkan melalui Jalan Rantau Berangin -Tandun–Pasir Pengaraian – Ujung Batu–Rokan–Batas Sumbar sepanjang 133,69 KM di Riau, dihubungkan Jalan Lintas Nasional melalui ruas Rao–Rokan–Batas Riau sepanjang 32 KM di Sumbar,” tulis Bupati Sukiman. (ADV/Pemkab Rohul)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemkab Rohul Sudah Sampaikan Usulan Pembangunan Pintu Keluar Masuk Tol Pekanbaru-Sumbar
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved