| Hearing Komisi II Terkait Lahan 3 Desa, Anggota DPR Rohul Gebrak Meja Geram Dengan PT Hutahaean | | Jokowi Ungkap 7 Program Bansos yang Dilanjutkan Pada 2021 | | Sebanyak 99,1 Juta Orang di Dunia Positif COVID-19, 54,6 Juta Pulih | | Tewas Suami-Istri Tertimpa Batu Longsor di Kupang | | Danrem 091/ASN Berangkatkan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long ke Papua Gunakan KRI Makassar-590 | | Warga Tenggelam Di Temukan Tak Bernyawa di Aliran Sungai Kuantan
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
KPK Telaah Laporan Masyarakat Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Toilet Di Bekasi
Senin, 11-01-2021 - 11:26:50 WIB

TERKAIT:
 
  • KPK Telaah Laporan Masyarakat Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Toilet Di Bekasi
  •  

    GardaMETRO.com, KABUPATEN BEKASI - KPK telah mendapat laporan masyarakat terkait dugaan korupsi pembangunan toilet sejumlah sekolah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yang menelan biaya hingga Rp 196 juta untuk 1 toilet. Terhadap laporan tersebut, KPK melakukan penelaahan lebih dahulu.

    Berikutnya terhadap setiap laporan masyarakat, tentu KPK akan melakukan langkah-langkah analisa lebih lanjut dengan lebih dahulu melakukan verifikasi mendalam terhadap data yang diterima," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

    Selanjutnya akan dilakukan telaah dan kajian terhadap informasi dan data tersebut," tambah Ali.

    KPK Tahan Ferdy Yuman Tersangka yang Bantu Sembunyikan Nurhadi
    Ali menyatakan, terkait laporan masyarakat tersebut, KPK telah melakukan verifikasi dan telaah. Namun Ali masih enggan membeberkan terkait materi laporan tersebut.

    Apabila dari hasil telaah dan kajian memang ditemukan adanya indikasi peristiwa pidana maka tidak menutup kemungkinan KPK tentu akan melakukan langkah-langkah berikutnya sebagaimana hukum yang berlaku," katanya.

    Seperti diketahui, pembangunan toilet sejumlah sekolah di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, viral karena menelan biaya hingga Rp 196 juta untuk 1 toilet. Total akan dibangun 488 toilet dengan anggaran total Rp 96,8 miliar.

    Kepala Bidang Bangunan Negara Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro, memberikan penjelasan terkait ramainya proyek toilet 'mewah' yang akan dibangun di sejumlah sekolah. Menurutnya, biaya Rp 196 juta itu sudah termasuk pajak dan keuntungan bagi kontraktor.

    Pajak itu 12 persen dikurangi dengan ketentuan dari APBD itu kan ada keuntungan kontraktor 10 sampai 15 persen, kalau dari situ harganya yang total untuk pembangunan itu Rp 147 juta kalau tanpa pajak dan lain," kata Benny kepada wartawan, Selasa (15/12/2020).

    Benny mengatakan toilet yang akan dibangun dengan biaya ratusan juta itu bukan sembarang toilet. Nantinya, kata dia, toilet itu akan dilengkapi sejumlah fasilitas penunjang sebagai persiapan untuk gelaran sekolah tatap muka di tengah adaptasi kebiasaan baru saat pendemi Corona.

    Ulasannya bukan hanya sekadar toilet ini, luasannya ada biofilter, ada septic tank, ada toren, ada wastafel. Kita menerapkan bangunan ini juga terdesain, desainnya itu terpisah dari bangunan utama. Kenapa? Karena persyaratan kesehatan itu harus agak jauh dari ruang aktivitas," katanya.

    Begitupun dengan untuk penanganan virus ini juga harus terpisah. Terus untuk urinoir kita speknya setara TOTO, gitu. Terus wastafel, kloset seperti itu, atapnya menggunakan atap ondulen. Terus kusen kita menggunakan aluminium, pintu juga aluminium pelat, ada juga pintu yang dobel dilapisi HPL," sambungnya.

    Dia menyebut ukuran bangunan toilet itu sebesar 3,5 meter kali 3,6 meter. Benny menilai pembangunan toilet ratusan juta itu tak terbilang mahal karena ada sejumlah fasilitas penunjang.(Red)

    Sumber:detiknews



     
    Berita Lainnya :
  • KPK Telaah Laporan Masyarakat Terkait Dugaan Korupsi Pembangunan Toilet Di Bekasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved