| 3 IKM Dan UMKM Yang Ada Di Provinsi Riau Berhasil Memperoleh Sertifikat Standar Nasional Indonesia Dari BSN | | Gubernur Riau Resmikan Gedung Operasional Vaksin Center RS Bhayangkara Tingkat lll Polda Riau | | TP PKK Provinsi Riau Dan PKK Kabupaten Kampar Menyerahkan Bantuan Untuk Balita Dan Ibu Hamil | | Resahkan Masyarakat, Kabareskrim Polri Perintahkan Sikat Habis Pinjaman Online Ilegal | | Gubernur Riau Menyampaikan Beberapa Upaya Yang Dilakukan Pemprov Dalam Rangka Pengendalian Covid-19 Di Provinsi Riau | | Aplikasi SILACAK, Polres Kuansing Lakukan Pelatihan Kepada Seluruh Bhabinkamtibmas Yang Ada Di Polsek
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Plh Bupati Rohul : Dengan Semangat Yang Tinggi Semoga Desa BIM Memperoleh Peringkat Pertama
Jumat, 04-06-2021 - 17:49:36 WIB
TERKAIT:
 
  • Plh Bupati Rohul : Dengan Semangat Yang Tinggi Semoga Desa BIM Memperoleh Peringkat Pertama
  •  

    ROKAN HULU-gardametro.com - Suatu hal yang patut dibanggakan salah satu Desa yang ditunjuk sebagai perwakilan Kab.Rokan Hulu bahkan Provinsi Riau yakni Desa Bukit Intan Makmur Kec.Kunto Darussalam sebagai Desa Pangan Aman ,dan masuk dalam Nominasi 7 Besar tingkat Nasional, hari ini, Kamis (3/6/2021) akan mendapatkan penilaian dari Tim Verifikasi.

    Yang menjadi tim Verifikasi ini dari tim Verifikator Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat Republik Indonesia (RI) dimana usai penyambutan dari pemerintah daerah tim langsung bergerak melakukan penilaian.

    "Ada dua poin besar penilaian yang kami lakukan, yang pertama penilaian dokumen,seperti dokumentasi kegiatan, kader, sekaligus APBDes yang telah dilaksanakan," ungkap Eva selaku tim Verifikator pusat.

    Diakui Eva, salah satu faktor yang membuat Desa Bukit Intan Makmur terpilih sebagai nominasi Nasional Desa Pangan Aman adalah karena Desa Bukit Intan Makmur mampu membuktikan bahwa mereka telah memaintenance kegiatan yang diketahui telah dilakukan sejak tahun 2018.

    "Oleh karena itu, verifikasi pada hari ini untuk membuktikan kegiatan yang telah dilakukan di Desa Bukit Intan Makmur ini sesuai dengan dokumentasi yang telah diberikan," Sebutnya.

    Ditempat yang sama, Plh Bupati Rokan Hulu, H Abdul Haris M.Si yang saat itu menyaksikan secara langsung verifikasi oleh tim penilaian mengaku bangga sekaligus bersyukur dengan pencapaian kader Pengamanan Pangan di Desa Bukit Intan Makmur.

    "Hari ini Kabupaten Rokan Hulu mendapatkan kehormatan besar, setelah ditentukan penilaian secara administrasi, ditentukan bahwa Desa Bukit Makmur masuk dalam 7 terbaik Nasional untuk Kader pengamanan pangan,"jelas Abdul Haris.

    Ketika ditanya terkait dukungan Pemkab Rohul, H Abdul Haris mengatakan saat ini Desa Bukit Intan Makmur telah ditetapkan sebagai Desa percontohan keamanan pangan Desa se Kabupaten Rokan Hulu.

    "Dan hari ini kita juga telah membuat website untuk mempermudah jangkauan, sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan oleh Desa Bukit Intan Makmur dapat diakses oleh seluruh masyarakat dan Desa se Kabupaten Rokan Hulu maupun Manca Negara," sebut Haris.

    Abdul Haris juga berharap agar Desa Bukit Intan Makmur dapat menjadi yang terbaik, bukan hanya untuk memperoleh penghargaan dari Pemerintah, namun juga menjadi yang terbaik bagi masyarakat untuk menciptakan generasi yang sehat dan cerdas dengan pola makanan yang aman.

    Sementara itu, selaku Kepala Bpom Pekanbaru dirinya sangat mengapresiasi atas capaian yang dilakukan Desa Bukit Intan Makmur.

    Dirinya memaparkan bahwa dikarenakan Sebagai Desa Perwakilan Riau di tingkat Nasional tentu penilaian ini sangat ketat dimana adanya berbagai mekanisme penilaian adanya persyaratan yang harus dipenuhi terutama terkait kader keamanan pangan desa, kemudian keamanan pangan ditingkat riteal, keamanan pangan ditingat produksi industri rumah tangga pangan nya di rumah tangga bahkan di sekolahan.

    "Hal ini sebenarnya program kemitraan berbasis komunitas, oleh karena itu semua harus bergerak tentu ini semua tidak lepas dari peran komunitas yang ada, semua harus saling bersinergi sehingga dapat dipastikan bagaimana kita dapat membangun atau menghasilkan keamanan pangan sampai ke tingkat terkecil yaitu Keluarga" jelasnya.

    Program ini bukan hanya masalah keamanan pangan saja akan tetapi juga bagaimana kita bisa meningkatkan atau mengerakkan ekonomi masyarakat desa, oleh karena itu bagaimana kita dengan memanfaatkan produk lokal di olah sesuai ketentuan sehingga menghasilkan produk yang aman bermutu dan bergizi serta dapat meningkatkan daya saing dari para pelaku usaha.

    "Ini adalah suatu langkah yang besar yang merupakan tugas dan tanggungjawab bersama, karena pangan ini adalah akan menentukan bagaimana kita akan mewujudkan suatu bangsa yang sehat, kuat dan mempu bersaing kedepannya" Jelas Yosef.

    Yosef juga berharap Desa Bukit Intan Makmur bisa meraih juara pertama tentu dengan bagaimana kita mereplikasikan semangat, bagaimana membangun desa menyiapkan ketersediaan pangan yang aman, bermutu dan bergizi.

    Hadir dalam pelaksanaan Verifikasi di Desa Bukit Intan Makmur, Plh Bupati Rokan Hulu H.Abdul Haris, S.Sos.M.Si, Ketua Dharmawanita Rohul Hj. Netty Haris, Kepala BPOM Pekanbaru Yosef Dwi Irwan, Ketua Tim Verifikasi Ratna bersama tim verifikator Eva, didampingi Kadiskes yang diwakili oleh Kabid Promkes Nana Sumpena, SKM dan Plt. Kapus Kunto Darussalam 1 Resni Eflita, AMK, Camat bersam Ketua PKK Kecamatan Kunto Darussalam, dan Kades Bukit Intan Makmur Nasta'in, S.Pd I. (Diskominfo Rohul/Adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Plh Bupati Rohul : Dengan Semangat Yang Tinggi Semoga Desa BIM Memperoleh Peringkat Pertama
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved