| Masyarakat Mendukung Penuh Program yang di Laksanakan pemdes Kampung Madura | | Camat Kuantan Hilir Lakukan Monev Dana Desa Tahap 1 TA 2024 di Desa Kampung Tengah | | Pemdes Kampung Tengah Menyalurkan 24 KPM BLT-DD Triwulan II , Masyarakat Bahagia | | Rikky Fermana Wakil Ketua KI Babel: Transparansi Informasi Publik Adalah Hak Setiap Warga | | Menjelang Lebaran Idul Adha Pemerintah Desa Muara Semah Realisasikan BLT DD Tahap 2 Tahun 2024 | | Tim monev Kecamatan Kuantan Hilir, Cek Pengunaan Anggaran Dana Desa Tahap I Desa Kampung Madura
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Perparah Kerusakan Hutan! Aktivitas PETI Kian Marak Dilokasi Keruing Dan Lubuk Toman KM 26, Akankah KLHK - GAKKUM - APH Kalbar Bertindak?
Minggu, 12-05-2024 - 11:17:02 WIB

TERKAIT:
   
 

GardaMetro.com, KALIMANTAN BARAT -- Semakin maraknya kegiatan tambang emas ilegal yang sangat berdampak pada kerusakan lingkungan, terutama kegiatan PETI yang dilakukan para penambang di area zona merah atau hutan kawasan yang menjadi tempat berlindungnya satwa dilindungi dan ekosistem alam di sekitar Kecamatan Matan hilir Selatan Kabupaten Ketapang.

Parahnya lagi hutan kawasan yang saat ini terbilang sudah banyak yang rusak dan dicemari lumpur limbah para pekerja PETI menyebabkan pohon dan tumbuhan lainnya mati serta tidak sedikit juga sudah  beralih fungsi jadi lobang atau danau - danau  besar, perihal ini sangat memprihatinkan. Perlu adanya penindakan hukum dari APH dinas terkait secara tegas.

Perlu di ketahui sampai saat ini ada beberapa lokasi yang mana aktivitas pekerja PETI telah masuk di area zona terlarang hutan kawasan seperti lokasi Keruing dan Lokasi Lubuk Toman Matan hilir Selatan yang kian hari makin parah, kerusakan hutan kawasan di lokasi tersebut dan sangat di perlukan adanya penindakan  hukum yang tegas dari KLHK - GAKKUM Kalimantan bersama APH Polda Kalbar serta Pemerintah Daerah Ketapang.

Setelah kita lakukan investigasi ke lokasi Keruing yang mana aktivitas PETI sedang maraknya dengan Jek ponton jelas terlihat hutan kawasan rusak parah, adapun lokasi Lubuk Toman KM 26 para pekerja PETI dengan bebasnya merusak hutan kawasan dengan alat berat excavator yang lokasinya tepat berada di wilayah Desa Pematang Gadung dan Desa Sugai Besar Matan hilir Selatan,11/05/2024.

Warga setempat yang kebetulan berada  dilokasi PETI  Indra menjelaskan mengenai PETI di lokasi Lubuk Toman dan lokasi Keruing kian hari semakin merajalela saja aktivitas PETI tersebut sampai tidak sedikit hutan alam jadi rusak parah karena sebagian besar pekerja PETI menggunakan alat berat excavator, jelasnya. 11/05/2024.


Harapan saya selaku masyarakat, mengharapkan APH Kalbar atau pihak yang berkompeten terkait perusakan hutan kawasan serta lingkungan dengan segera mengambil tindakan hukum terhadap para pelakunya. tegasnya.

Lanjut, Seperti saat ini  berdasarkan info dari orang yg bekerja di KM 26 di ketehui alat excavator Hitachi milik Aleng yang jalankan Rudi alias Kancil sebutan di lokasi tambang dengan bebasnya melakukan aktivitas PETI,  dugaan saya sih mungkin dia ada pembekingnya makanya dia bebas beraktivitas di lokasi Lubuk Toman ini, ungkap, Indra.

Saat dihubungi melalui via tlp WhatsApp Kades desa Sei Besar dan Kades desa Pematang Gadung tidak bisa dihubungi terkait konfirmasi perihal pemberitaan ini. 12/05/2024.
 
Sama halnya KPH Selatan selaku pihak yang berkompeten terkait konfirmasi lapangan mengenai kerusakan hutan kawasan dan lingkungan di wilayah Matan hilir Selatan Kabupaten Ketapang. 12/05/2024.*Mr hen/gmc



 
Berita Lainnya :
  • Perparah Kerusakan Hutan! Aktivitas PETI Kian Marak Dilokasi Keruing Dan Lubuk Toman KM 26, Akankah KLHK - GAKKUM - APH Kalbar Bertindak?
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
    07 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved