| Forum Masyarakat Kuansing Peduli Berbagi (MKPB) Memberikan Sembako Untuk Korban Kebakaran di Desa Siberakun | | Terjadi Lagi di Bukittinggi, Gantung Diri Akhiri Sebuah Depresi | | Berikut Pencapaian Satu Tahun Kepemimpinan Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Pare | | Komisi V DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Observasi Ke Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta | | Kapolda Bersama Forkopimda Cek Ke Zona Merah, Ingatkan Warga Agar Disiplin Protokol Kesehatan. | | Pjs Sangadi Desa Nunuk Dan Ketua Panitia Pilsang, Himbau Agar pemilihan Berjalan Aman Dan Terapkan Protokes Covid-19
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus : Suka Tidak Suka, PJJ/BDR Adalah  Solusinya
Senin, 12-10-2020 - 17:18:52 WIB

TERKAIT:
 
  • Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus : Suka Tidak Suka, PJJ/BDR Adalah  Solusinya
  •  

    GardaMETRO.com, Batu Bara - Pemerintah Pusat melalui Dirjen Paud, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud mengatakan kita punya tanggung jawab yang sama dalam mengelola satuan pendidikan maupun lembaga pendidikan ditambah lagi niat dan semangat kita untuk memberikan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, merata, berkelanjutan dan didukung insfrastruktur dan tehnologi.

    Hal tersebit disampaikan Dirjen Paud Dikdasmen, Jumeri, S.T.P., M. Si., pada saat membuka Rakor Singkronisasi Program Sekolah Dasar Pusat dan Daerah melalui Virtual dari Kemendikbud RI -Jakarta, Senin  (12/10)

    Masih menurut Dirjen Paud, Dikdasmen bahwa rujukan kita adalah renstra Kemendikbud dalam bidang pendidikan. Dimana dalam pembukaan undang-undang dasar 1945 yang sebagian berbunyi  "Memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa". Itulah yang menjadi titik tolak kita dalam pembangunan bidang pendidikan,"paparnya.

    Jadi kebersamaan antara Pusat dan Daerah harus terus kita tingkatkan bersama para stakeholder yang ada kaitannya dalam bidang pendidikan.

    Beberapa permasalah pendidikan yang ada di sekitar kita adalah masih rendahnya Angka Pertisipasi Kasar (APK) kita, Terkhusunya PAUD dan Perguruan Tinggi. APK PAUD kita baru  41.18%. Bisa bekerjasama dengan Rendahnya mutu/hasil pembelajaran.

    Tidak ada lagi ujian nasional. Tahun deoan yang ada Asesmen Nasional sebagai media untuk survey keberhasilan pendidikan. Sekaligus memperbaiki mutu pendidikan di sekolah. Asesmen dalam bentuk Asesmen Kompetensi Minimal, survey karakter dan linglungan belajar akan dilaksanakan secara daring," ujar Jumeri.

    Sementara Direktur Sekolah Dasar Kemendikbud Dra. Sry Wahyuningsih, M. Pd., dalam paparanya terkait  tugas, fungsi dan peran Direktorat Sekolah Dasar  dalam membangun Sekolah Dasar. Lanjut Direktur bahwa amanat Renstra Kemendikbud, Renstra Paudadikdasmen berlanjut ke Tugas dan Fungsi Direktorat Sekolah Dasar, transpormasi pembinaan, percepatan peningkatan mutu serta upaya menyusun peta jalan pembinaan di Sekolah Dasar.

    Masih menurut Sry semua ini akan mendukung kebijakan merdekan belajar. Dimana manajemen tata kelola pendidikan SD, komitmen pendanaan dari kabupaten kota masih rendah, kulaitas pengelolaan pendidikan belom optimal, belum optimalnya pelibatan peran mitra pendidikan di pusat dan daerah serta belom singkron dan selarasnya Renstra dan program pendidikan pusat dan daerah, tambah Direktur.

    Layanan dan akes pendidikan sekolah masih perlu perhatian, termasuk kualitas sarana dan prasarana pendidikan. Sekolah dengan RK-B 100% ada 149.046., RK-RR 85.567., RK-RS dan RB (《25% ada 8.991, 26-50% ada 12.518, 51-75% ada 5.278 dan 》75% ada 26.424. ), sedangkan Ketersediaan Internet hanya 109.023, ketersediaan Toilet 133.468, ketersediaan sanitasi 11.490, ketersediaan listrik 141.142, ketersediaan komputer lebih dari 1 unit 105.203, ketersediaan komputer lebih dari 15 unit 4.569 sekolah.

    Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus yang juga sebagai salah satu pembicara pada Webinar tersebut menyampaikan terkait Pembejaran dimasa Pandemik Covid-19. Menurut Ilyas bahwa Semasa pandemik Covid-19 ini, suka tidak suka, mau tidak mau PJJ/BDR apakah during, luring maupun kombinasi dari keduanya merupakan solusi dalam membantu anak-anak kita dalam belajar.

    Oleh karenanya butuh kesabaran, butuh kemauan yang kuat bagi kita semua termasuk orangtua dalam mendampingi anaknya dalam belajar di rumah. Kita tidak berharap sianak di bentak walaupun hanya dalam waktu 1 menit, lalu di sakiti dengan dengan pukulan hanya dalam 1 detik kemudian kita bisa menyesal selama lebih 10 jam dan parahnya lagi butuh waktu panjang dan bahkan seumur hidup untuk menyembuhkannya ingatan si anak atas sikap kita,"papar ilyas

    Menurut ilyas Kabupaten Batubara memastikan peserta didik semasa pandemik tetap mendapatkan pendidikan dan pengajaran baik melalui PJJ/BDR maupun tatap muka.

    Oleh karenanya lanjut Kadisdik Batubara Peran Sekolah/Ka. UPTD, guru, siswa dan orangtua serta masyarakat sangat diperlukan dalam menyukseskan. (rls/pr).



     
    Berita Lainnya :
  • Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus : Suka Tidak Suka, PJJ/BDR Adalah  Solusinya
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved