| Forum Masyarakat Kuansing Peduli Berbagi (MKPB) Memberikan Sembako Untuk Korban Kebakaran di Desa Siberakun | | Terjadi Lagi di Bukittinggi, Gantung Diri Akhiri Sebuah Depresi | | Berikut Pencapaian Satu Tahun Kepemimpinan Kepala Desa Sidorejo Kecamatan Pare | | Komisi V DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Observasi Ke Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta | | Kapolda Bersama Forkopimda Cek Ke Zona Merah, Ingatkan Warga Agar Disiplin Protokol Kesehatan. | | Pjs Sangadi Desa Nunuk Dan Ketua Panitia Pilsang, Himbau Agar pemilihan Berjalan Aman Dan Terapkan Protokes Covid-19
⋅ Galeri Foto ⋅ Advertorial
   
 
Disdikbud Kota Bitung Gelar Bimtek Penyusunan RKAS Bos Reguler Tahun 2021
Rabu, 20-01-2021 - 09:51:14 WIB

TERKAIT:
 
  • Disdikbud Kota Bitung Gelar Bimtek Penyusunan RKAS Bos Reguler Tahun 2021
  •  

    GardaMETRO.com, Bitung – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Bos Reguler tahun 2021 bagi Bendahara dan Operator SD - SMP Se-kota Bitung mulai tanggal 18-21 januari 2021.

    Bimbingan teknis di buka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung Julius Markus Ondang, S.Pd, M.Si. dan dampingi Kepala Seksi Dikdas Patmos Supari, S.Pd, M.Pd, Ketua K3SP Kota Bitung Revellyn Rapar, S.Pd, M.Pd serta di ikuti oleh seluruh kepala satuan pendidikan, bendahara dan operator yang ada di 3 (Tiga ) kecamatan yaitu kecamatan aertembaga, kecamatan maesa, kecamatan madidir.

    Serta di hadiri  Direktur Marketing PT. Onklas Prima Indonesia Yudhis Utomo dan perwakilan sulawesi utara Mas Sugeng bersama staff.

    PT. Onklas Prima Indonesia adalah sebagai penyedia aplikasi untuk dunia pendidikan.

    Kegiatan ini sudah kami awali di Smp negeri 4 bitung, papusungan, senin (18/01/2021) yang di ikuti oleh kecamatan lembeh selatan dan lembeh utara.

    Dan untuk kegiatan selanjutnya, Rabu 20/01/2021 di ikuti oleh kecamatan girian, kecamatan matuari, kecamatan ranowulu.

    Terakhir Kamis 21/01/2021 seluruh kepala sekolah Smp yang ada di kota bitung.

    Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bitung , kepada awak media saat membuka bimtek penyusunan RKAS tahun 2021 yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bitung, Selasa (19/01/2021).

    “Kegiatan ini sudah kami awali minggu lalu di kegiatan K3SP tingkat SD di laksanakan di karondoran dan MKKS tingkat SMP
    yang di laksanakan di pinasungkulan.

    Jadi pada dasarnya kegiatan hari ini dilakukan dalam rangka untuk persamaan presepsi tentang penyusunan RKAS tahun 2021 yang mengacu pada edaran menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 08 tahun 2020 tentang Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLA) yang harus melalui satu sistem.

    Dimana kalau ada belanja modal dan habis pakai harus menggunakan aplikasi SIPLA.

    Yang di maksud dengan SIPLA adalah Sistem Informasi Pengadaan sekolah, karena di dalam SIPLA ini sekolah tinggal memilih perusahaan mana yang mau di pilih dan pada dasarnya juga harus melihat harga persatuan yang mau di pesan," kata ondang

    Menurutnya, dengan melalui SIPLA ini agar supaya harus ada transparansi dari kepala sekolah dan bendahara tentang penggunaan dana Bos.

    Di samping juga kegiatan - kegiatan belanja modal dan habis pakai, sekolah juga menyiapkan kegiatan - kegiatan operasional yang lainnya termasuk pelatihan - pelatihan.

    Serta biaya bimtek bagi kepala sekolah dan guru, uang tranportasi kepala sekolah di kegiatan - kegiatan rutin untuk setiap bulan dan juga biaya transportasi untuk guru - guru yang akan mengikuti kegiatan KKG apakah kwalitas (Kelas Atas dan Kelas Bawah) untuk SD, sementara untuk Smp kegiatan MGLP harus ada anggarannya.

    Di samping itu juga tentang jasa yaitu biaya listrik, air, wifi,serta yang berhubungan dengan sekolah harus di masukan dalam anggaran Bos tahun 2021.

    Dan mungkin ini adalah kegiatan yang pertama yang kita lakukan di awal tahun, karena harus mempersiapkan kepala sekolah, bendahara dan operator agar rencana kegiatan dan anggaran sekolah itu sudah tertata dari awal.

    Supaya tidak terjadi lagi setiap bulan pihak sekolah meminta pengesahan dan pergeseran serta perubahan, tapi ketika itu sudah di tata dari awal mengurangi perubahan dan pergeseran anggaran sekolah.

    Di singgung adanya kehadiran PT. Onklas Prima Indonesia di kegiatan Bimtek yang di selenggarakan oleh Disdikbud kota bitung,  Julius Markus Ondang, "Mengatakan kami menghadirkan PT. Onklas Prima Indonesia dalam kegiatan ini adalah dalam rangka membantu dinas untuk mensosialisasikan tentang SIPLA.

    Karena mengenai sistem itu mereka yang lebih memahami dan mengetahui penggunaan system SIPLA.

    Di samping itu juga mereka kami minta bantuan untuk mendampingi dalam hal pelaporan Bos kedepan, karena samping saat ini kami akui bahwa sebagai manusia kita memiliki kekurangan.

    Oleh karena itu kami meminta mereka untuk mendampingi teman-teman di satuan pendidikan dalam menyusun RKAS sekaligus dengan penggunaan SIPLA.

    Karena memang edaran itu mewajibkan kepada gubernur dan bupati serta walikota untuk sekolah segera memanfaatkan aplikasi SIPLA itu sendiri.

    Kami juga ingin menyampaikan bahwa kalau ada perusahaan yang ada di bitung atau dimana saja yang ingin masuk menawarkan jasa, kami membuka ruang untuk mereka.

    Karena itu kami tidak menentukan hanya satu perusahaan saja, karena di SIPLA itu kami membukanya ternyata sekian banyak perusahaan.

    Kami juga berharap jangan salah memilih, ini karena pengalaman - pengalaman beberapa daerah yang seharusnya anggaran itu tidak di bayarkan kepada perusahaan  harus ke SIPLA ada yang salah,
    sehingga ada sekolah yang membayar 2 kali.

    Padahal pajak itu sudah di tanggung oleh perusahaan yang menjadi mitra sekolah untuk pemesanan pembelanjaan sekolah.

    Jadi kewajiban perusahan nanti membayar pajak dan mengeluarkan faktur pajak serta harus menunjukan plik kwekon harus ada yang semua berbentuk laporan di siapkan oleh perusahaan.

    Jadi bukan membayar ke perusahaan tapi membayar ke SIPLA lewat bank Bri.

    Nanti siapapun perusahaan yang menang itu yang akan di proses oleh SIPLA ke perusahaan yang menyediakan," tutup ondang. (Hs)



     
    Berita Lainnya :
  • Disdikbud Kota Bitung Gelar Bimtek Penyusunan RKAS Bos Reguler Tahun 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
    PILIHAN +
    01 Suami Istri Menggelapkan Uang Masyarakat Miliaran Rupiah, Berkedok Arisan Online
    02 Alm Briptu Nanda Asmara Dikebumikan, Keluarga Besar Polres Batubara Sangat Kehilangan
    03 Beredarnya Video Tidak Senonoh Diduga Oknum Anggota DPRD Kabupaten Nias Tidak Menjaga Marwah Dewan
    04 Cabuli Pelajar SMK, Ayah Tiri di Rawa Jitu Selatan Ditangkap Polisi
    05 Heboh, Warga Geger Kuburan Di Bongkar ,Tali Pocong di Curi
    06 Ponakan Sendiri Disetubuhi Oleh Seorang Perangkat Desa Banuasibohou
    07 Diduga Korupsi DD-ADD Pj Kades Antonioman Manaraja, Dan Terpilih Lagi Jadi Kades Defenitif Lahusa Fau
     
    GardaMETRO.com adalah Situs berita nasional terkini, media online yang melayani informasi dan berita dengan mengutamakan kecepatan serta kedalaman informasi. Portal berita ini selama 24 jam dalam sepekan selalu update, dan secara kreatif mengawinkan teks, foto, video dan suara. Fokus pada pembaca di Indonesia dan luar negeri. Selengkapnya
     

    Quick Links

     
    + Home
    + Redaksi
    + Disclaimer
    + Pedoman Berita Siber
    + Tentang Kami
    + Info Iklan
     

    Kanal

     
    + Ekonomi
    + Politik
    + Nasional
    + Daerah
    + Hukrim
    + Gaya Hidup
    + Internasional
    + Indeks Berita
     
     

    Alamat Kantor

     
    Jl. Hangtuah Ujung No. 69
    Pekanbaru - Riau
    Hotline :
    www.GardaMETRO.com
    MEMBER OF :
    Ikatan Media Online (IMO)
    Indonesia Himpunan Pewarta Indonesia (HPI)
     
    © 2021 GardaMETRO.com, all rights reserved